Senin, 29 Desember 2008

Sekolah Kehidupan

Aku inget 2 tahun lalu. Kami semua liburan ke Curup bareng tmn2 grj. Naikin Bukit Kaba yang luar biasa tinggi nan jauh (3 kabupaten)..
Tu event pertama kali aku ngenal Riki (jiwa baru yang pnya sifat luar biasa periang kayak gak ada beban hidup, selalu tertawa nghadepin masalah). Aku inget waktu pulang dari Bukit Kaba, aku jatoh sambil meluk batang (gak tau batang pohon apa gt!!) coz lewat utan-utan yang jalannya licin banget. Tu Riki di belakang bukan nolongin, eh malah ketawa. Tp ditolongin juga sih!!! Sejak saat tu yang namanya "MELUK BATANG n FIRST KISS ama batang" jadi guyonan yang paling sering aku dengar tiap ketemu nih cowok. Rada' nyesek c tapi ya gmn lagi??
Ternyata tu semua bakal jadi suatu yang ngangenin banget, coz gak lama setelah tu, Riki gak pernah muncul lagi di gereja. Gak ada lagi yang sering nganter2, yang suka makan pempek, yang suka nabrak becak kl malem. Pokoknya ngangenin banget.
Hal yang paling ngejutin waktu taun lalu, kami denger Riki sakit. Jujur aku heran sakit yang luar biasa langka, bahkan samai detik ini gak ada 1 pun dokter yang bisa mendirikan diagnosisnya. Riki awalnya ngerasa matanya kabur, tapi waktu diperiksa, gak ada lensa yang cocok ama matanya, perlahan demi perlahan Riki kesulitan ngontrol kegerakan giginya, sampai akhirnya seluruh tubuhnya kaku untuk digerakkan. Ototnya menciut, sampai akhirnya lumpuh. Nih semua terjadi dalam jangka waktu 1 tahun lebih. Kl boleh aku mendiagnosa, dari gejala-gejala yang nampak, mungkin Riki menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau sering disebut penyakit Lou Gerigh, berupa penyusutan otot2 karena sarafnya yang mengalami kerusakan. Sayangnya penyakit nih sangat jarang diderita dan belum ada obatnya. Aku gak tau apa rencana Tuhan dalam hidupnya. Namun aku percaya Tuhan tau yang terbaik untuk hambaNya.
Sampai akhirnya kemarin sore, waktu lagi persiapan Natal Remaja, aku denger berita "Riki mennggal" tgl 29 Des 2008. Syok, sedih ,n merasa keilangan tmn pzt gak cuma aku yang ngerasain, tp aku yakin nih semua dah jalan Tuhan. Riki masih muda, umurnya mungkin masih 20 tahun. Tapi Tuhan punya jalan lain buat hidupnya.
Semalem, selesai ibadah kami ke rumah duka. Riki yang waktu tu baru selesai dipakein baju, nampak sangat damai. Betapa kejadian ini ngengetin aku nahwa hidup tu cm sementara, saat semuanya sudah selesai, semua hanya tampak seperti secumpuk benda mati yang tidak punya arti. Betapa aku sadar selagi hidup lakukan yang terbaik untuk Tuhan, untuk orang lain, tuk sekeliling, terutama tuk orang tua. Sebelum semuanya terlambat dan kita gak punya waktu lagi buat ngemuliain nama Tuhan. Di akhir tahun nih bakal jadi moment yang berharga buat kami semua.. Selamat jalan Riki... Kami percaya Riki udah tenang bersama Bapa yang di Surga.. Amin....

1 komentar:

Welly mengatakan...

It's really touching story..

Bell.. aku yg baca postingan blogmu aja udah agak merasa sedih,, apalagi kalo udah mengenal orang itu n ngalamin sendiri..
aku turut berduka yach..

Oh yach.. ciri2 penyakit nya gmn sich?

Emm,, Tuhan pasti sudah sediain tempat buat dia di sorga.. Tenang aja.. Tuhan punya sesuatu yang indah.. :)

Nice posting.. GBu..